0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Warga Kismantoro Hidup Dalam Kegelapan

dok.merdeka.com
Banyak warga yang belum pasang listrik (dok.merdeka.com)

Wonogiri — Ratusan warga Kecamatan Kismantoro, Wonogiri hingga kini masih hidup dalam kegelapan. Mereka belum mampu menikmati aliran listrik. Hal itu terjadi karena faktor ekonomi yang minim.

“Terpaksa untuk memenuhi kebutuhan listrik warga masyarakat “ngganthol” dari tetangganya yang sudah memiliki listrik,” ungkap Camat Kismantoro, Joko Purwidyatmo, Selasa (15/3)

Menurutnya ,saat ini masih banyak rumah warga yang belum teraliri listrik. Bahkan di setiap desa ada beberapa warga yang belum mampu memiliki aliran listrik. Seperti diketahui biaya pasang baru pemasangan listrik bagi warga yang miskin sangat berat.

“Merata di semua desa, dalam satu dusun ada 23 rumah, 30 rumah dan sebagainya, itu masih ada,” katanya.

Dikatakan, pada umumnya rumah yang belum teraliri listrik tersebut berada terpisah dengan pemukiman warga lain, sehingga belum terjangkau jaringan. Mereka membentuk kelompok-kelompok kecil.

“Sebenarnya bagi warga miskin bisa diusahakan mendapat bantuan listrik,dengan syarat dan ketentuan, dan saya sudah koordinasi dengan PLN belum lama ini,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk tahun ini ada sejumlah rumah yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan. Salah satunya dari Desa Ngroto. Sedikitnya ada 144 rumah dari desa tersebut yang diusulkan listrik. Di antaranya di Dusun Mendang RT 01/RW 04 sebanyak 20 keluarga,  RT 01/RW 03 sebanyak 21 keluarga, RT 02/RW 03 sebanyak 40 keluarga dan Ngroto RT 03/ RW 01 sebanyak 63 keluarga.

“Tapi menurut kepala desa setempat, baru di Mendang RT 02/RW 03 saja yang sudah disurvei dari Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (DPESDM) Wonogiri,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge