0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dokter Ganteng Ini Jadi Idola PSK Sarkem Yogya

dok.merdeka.com
Dokter Tri Kusumo Bawono (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Sebagai seorang dokter, Tri Kusumo Bawono berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik pada setiap orang. Pun ketika dia ditugaskan menjadi dokter di Puskesmas Gedong Tengen, Kota Yogyakarta pada 2004 silam. Tantangannya cukup besar, sebab dia harus membantu para PSK (pekerja seks komersial) Sarkem (Pasar Kembang).

“Saya dulu pertama kali juga mikir, berat sekali kayaknya. Tapi ya sebagai dokter saya harus melayani siapa saja. Setelah berproses saya memahami sisi humanis mereka manusia yang juga membutuhkan hidup,” katanya pada wartawan usai dialog dengan warga Sarkem, Senin (14/3).

Setelah sepuluh tahun melayani para PSK, dia justru merasa senang. Sebab, selalu ada tantangan baru yang membuatnya bersemangat dalam menjalani profesinya.

“Saya malah jadi idola, itu mereka sendiri yang bilang. Tapi saya tetap profesional, saya bekerja melayani masyarakat. Setiap ada orang sakit, ya itu tanggung jawab saya,” ungkapnya.

Meski belum semua PSK sadar dengan kesehatan reproduksinya dan mau datang memeriksakan diri secara rutin, Tri tidak kehabisan akal. Dia bersama teman seprofesinya bergerak aktif mendatangi losmen-losmen tempat para PSK bekerja dan melakukan pemeriksaan.

“Memang soal kesehatan itu belum banyak yang mau sukarela datang memeriksakan diri. Akhirnya kami harus aktif, karena ini demi kesehatan masyarakat juga,” tambahnya.

Selama sepuluh tahun melayani, dia mengaku banyak hal yang sulit dilalui. Namun berkat dorongan sang istri, dia terus bisa menjaga komitmennya untuk membantu para PSK di Sarkem tetap sehat.

“Istri saya juga yang memberikan dukungan dan semangat. Sampai sekarang sudah terbiasa,” tandasnya. [bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge