0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hasil Penelitian UNS Harus Bisa Diterapkan di Masyarakat

dok.timlo.net/tyo eka
Ketua Ikatan Keluarga Alumni UNS, Budi Harto (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Budi Harto menyatakan, sebagai perguruan tinggi, semua yang dihasilkan UNS harus bisa diaplikasikan di masyarakat.

“Kalau alumninya harus berperan dengan baik, hasil-hasil penelitian harus bisa diterapkan. Itu adalah hal penting agar UNS menjadi perguruan tinggi terkemuka,” ungkap Budi kepada Timlo.net, terkait Akselerasi UNS Memasuki Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH), di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS, Solo, kemarin.

Sementara menanggapi pernyataan alumnus, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof Dr Dharsono mengemukakan, hal tersebut merupakan masukan yang musti ditanggapi secara positif.

Pada dasarnya masukan para alumnus, menurut Dharsono, meminta UNS bisa mengelola ritme percepatan secara baik. Kedua, UNS agar lebih agresif dan progresif dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki keluarga alumni, baik secara manajemen, financial, otoritas dan netprogram.

“Karena mereka menyadari salah satu titik lemah menuju PTN BH, diperkirakan adalah sisi income generating. Sisi inilah yang harus mendapat perhatian dalam jangka pendek. Agar kita tidak kesulitan terkait dengan supporting infrastruktur dan sebagainya saat menuju PTN BH,” jelas Dharsono.

Untuk itu, kata Dharsono, para alumni secara sendiri maupun kelompok telah menyatakan senantiasa menyediakan diri mendukung upaya UNS mengarah ke PTN BH.

“UNS sekarang ini sebenarnya sudah melakukan perintisan ke arah sana, seperti dibentuk Badan Pengembangan Usaha yang saat ini telah bergerak untuk menyapai target-targetnya. Seperti target tahun 2016 sebanyak Rp 35 miliar, dan diawal tahun ini sudah mencapai Rp 6 miliar,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge