0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mencuri Soal Ujian, Lela Terancam Delapan Tahun Penjara

ilustrasi (merdeka.com)

Sukoharjo — Penyidik Reskrim Polres Sukoharjo telah melimpahkan berkas perkara pencurian data lektronik di UMS kepada Kejaksaan Negeri Sukoharjo. Satu orang tersangka terancam hukuman delapan tahun penjara karena melanggar UU No 11/ 2008 Pasal 48 ayat 1 Junto Pasal 32 Ayat 1.

“Sudah kita limpahkan berkasnya ke Kejaksaan pekan kemarin karena telah selesai pemeriksaan dan sudah dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan. Namun kita masih melacak keberadaan rekan tersangka,” kata Pjs Kasat Reskrim Polres Sukoharjo, Iptu Suparno, Senin (14/3).

Hasil penyidikan menunjukkan, tersangka bernama Laela Hujul Mubarok (22) warga Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Tersangka disuruh rekan yang dikenalnya dari Facebook setahun lalu dengan inisial (AL) warga Yogjakarta untuk merekam soal ujian masuk di Fakultas Kedokteran UMS awal Januari 2016.

Selama dua hari, mengikuti ujian masuk, tersangka berhasil merekam semua soal dengan aplikasi khusus yang sudah disiapkan dan disimpan di dalam flashdisk. Perbuatan tersangka diketahui pengawas ujian dan segera mengamankannya untuk kemudian melaporkan ke pihak kepolisian.

“Tersangka termasuk dalam satu jaringan baru dipimpin AL dari Jogja, dan dari hasil labfor semua sudah terencana karena sudah ada aplikasi yang berjalan untuk mengambil data saat flashdisk dicolokkan ke laptop saat ujian,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge