0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

12 Ribu Pria Produktif Masih Menganggur

Kabid Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Wonogiri, Edy Triyono. (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Kendati jumlah lowongan pekerjaan di Wonogiri terbilang banyak, namun sayangnya jumlah pengangguran tidak bisa terangkat. Bahkan, jumlah pengangguran di Wonogiri masih mencapai angka belasan ribu.

“Dari data yang kami miliki dan berhasil kami himpum jumlah pengangguran di Wonogiri mencapai 17.785 jiwa,” ungkap Kepala Disnakertrans Wonogiri melalui Kabid Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans, Edy Triyono, Senin (14/3).

Menurutnya, sebagian besar pengangguran di Wonogiri sekitat 12 ribu diantaranya berjenis kelamin laki-laki, sisanya lima ribuan perempuan.

“Tersebar di seluruh kecamatan yang ada,” ujarnya.

Dikatakan, jumlah pengangguran tersebut lebih kecil daripada jumlah lowongan tenaga kerja yang tersedia di Wonogiri. Sedang, jumlah lowongan pekerjaan mencapai 30.000-an posisi.

Kendati demikian, adanya puluhan ribu lowongan tidak bisa mengangkat semua pengangguran di Wonogiri. Terbukti, tahun lalu hanya bisa mengangkat sekitar 400-an tenaga kerja. Disebutkan Edi, sebelumnya jumlah pengangguran sebesar 18.195 jiwa.

“Permasalahannya, sebagian besar lowongan hanya ditujukan untuk perempuan. Contoh, operator produksi jahit di perusahaan garmen penanaman modal asing (PMA) di Desa Kerjo, Lor Kecamatan Ngadirojo. Sangat sedikit ditemukan lowongan pekerjaan untuk laki-laki,” katanya.

Ditambahkan, tenaga kerja di Wonogiri juga harus mengubah cara pandang saat bekerja. Pasalnya, muncul keluhan dari perusahaan yang menyatakan kurang puas dengan tenaga kerja di Wonogiri. Bahkan, dari pengamatannya banyak tenaga kerja yang keluar dari satu perusahaan dan pindah di perusahaan lain yang masih sejenis.

“Selain kurang disiplin faktor umur juga menjadi penyebabnya, jika umur tenaga kerja masih dibawah 30 tahun mereka lebih mudah mengundurkan diri dan pindah ke perusahaan lainnya,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge