0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jan Ethes Srinarendra Dapat Akta Kelahiran Gratis

Jan Ethes Srinarendra, cucu Presiden Jokowi (plus.kapanlagi.com)

Solo – Lima hari setelah kelahirannya, cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jan Ethes Srinarendra akhirnya mendapatkan akta kelahiran dan kartu insentif anak (KIA) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Solo. Akta kelahiran putra Gibran Rakabuming Raka (28) dan Selvi Ananda (25) itu selesai diurus dalam beberapa jam.

“Permohonan akta kelahiran atas nama Jan Ethes Srinarendra secara normatif sudah diserahkan tadi pagi ke Dispendukcapil. Sudah diproses dan sudah jadi meliputi akta kelahiran dan kartu keluarga. Kita terbitkan juga kartu insentif anak,” kata Kepala Dispendukcapil Solo Suwarta saat ditemui wartawan, Senin (14/3) siang.

Menurut Suwarta, proses pengurusan akta kelahiran Jan Ethes cepat sesuai standar pelayanan umum. Hal ini karena syarat-syarat yang diperlukan seperti buku nikah orang tua, surat kelahiran dari rumah sakit dan isian formulir sudah dilengkapi. Akta Jan Ethes diurus langsung oleh pihak keluarga yakni kakak Iriana Jokowi, Haryanto sekitar pukul 09.00 WIB.

Adapun kartu insentif anak, lanjut Suwarta, selain sebagai identitas anak juga bisa digunakan untuk memperoleh keringanan (diskon) belanja di 51 mitra usaha pelaku seperti toko buku, hotel berbintang dan perlengkapan sekolah di Kota Bengawan. Kartu insentif anak diberikan hingga usai anak mencapai 17 tahun.

Ditambahkan, akta kelahiran Jan Ethes diberikan secara gratis sesuai ketentuan dimana pengurusan akta kurang dari 60 hari sejak kelahiran tidak dipungut biaya. Jika akta diurus setelah 60 hari bakal dikenai denda dengan besaran bervariasi sesuai keterlambatan.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge