0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jumlah Pendaftar SNMPTN UNS 2016 Turun

dok.timlo.net/tyo eka
Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNS, Prof Drs Sutarno MSc PhD (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Jumlah Pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 2016 mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Bila jumlah pendaftar SNMPTN 2015 tercatat  50.673 orang, tahun ini hanya sebanyak 39.342 orang.

“Turunnya jumlah pendaftar SNMPTN di UNS tidak lepas dari berlakunya persyaratan akreditasi sekolah,” jelas Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof Drs Sutarno MSc PhD kepada Timlo.net melalui sambungan telepon seluler, di Kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Senin (14/3).

Selain itu, kata Sutarno yang juga Wakil Rektor III UNS, untuk pendaftaran SNMPTN 2016 agak sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Salah satu persyaratan berkaitan dengan akreditasi sekolah.

Dijelaskan, untuk bisa mendaftarkan diri sebagai peserta SNMPTN 2016, selain memiliki prestasi unggul, yakni calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat, dan semester lima, ditambah ada ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah.

Untuk sekolah yang berakreditasi A, yang boleh mendaftar sebanyak 75 persen terbaik di sekolahnya. Untuk sekolah berakreditasi B sebanyak 50 persen terbaik di sekolahnya, sekolah berakreditasi C sebanyak 20 persen terbaik di sekolahnya, dan akreditasi lainnya sebanyak 10 persen terbaik di sekolahnya.

“Persyaratan tersebut cukup berpengaruh terhadap jumlah peserta yang mendaftar SNMPTN kali ini,” jelasnya.

Menurut Sutarno, sebetulnya pendaftaran SNMPTN 2016 telah ditutup Sabtu (12/3). Namun panitia pusat memberikan batas waktu hingga Senin (14/3) pukul 22.00 WIB bagi siswa yang sudah melakukan log in namun belum mendaftar atau sudah mendaftar tetapi belum menyelesaikan seluruh proses pendaftaran.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge