0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PNS dan Masyarakat Solo Bisa Kuliah S2 Gratis di Unhan

dok.timlo.net/daryono
MoU antara Unhan dengan Pemkot Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Universitas Pertahanan (Unhan) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, membuka kesempatan kepada pegawai negeri sipil (PNS) dan masyarakat Solo yang ingin mengambil kuliah S2 di Unhan secara gratis. Kesempatan kuliah pascasarjana itu ditandai dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unhan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Senin (14/3).

“MoU ini intinya tiga fungsi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Untuk pendidikan, kita akan memberi kesempatan ke PNS dan masyarakat umum untuk menjadi mahasiswa pascasarjana Unhan. Khususnya yang sudah selesai S1,” kata Rektor Unhan Letnan Jenderal (Letjen), I Wayan Midhio, kepada wartawan di Balaikota Solo usai penandatangan MoU.

Menurut Midhio, setiap program studi pascasarjana menampung hingga 40 mahasiswa. Pendaftaran tahun ini dibuka mulai Januari kemarin hingga April mendatang. Mahasiswa yang diterima akan mendapatkan beasiswa, uang saku dan berbagai fasilitas kuliah lainnya.

Untuk komposisi mahasiswa, Unhan memberikan 60 persen kepada masyarakat umum, 40 persen TNI. Setelah lulus, mahasiswa dikembalikan ke masing-masing instansi asal.

“Kita tidak ada ikatan dinas. Jadi, kalau dia TNI ya kembali ke TNI, kalau dari Pemda ya kembali ke Pemda. Kalau dari umum, kita kasih ilmu silahkan dipergunakan di masyarakat. Banyak lulusan dari Prodi Diplomasi Pertahanan masuk ke Kemlu (Kementrian Luar Negeri), dari Manajemen Bencana masuk ke BNPB atau jadi analis di Pemda,” terang dia.

Midhio menambahkan, selain kesempatan belajar S2, Unhan juga mengirim 148 mahasiswa untuk Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) di Solo serta melakukan penelitian di wilayah Solo.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge