0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nama Garuda Familiar di Lebanon

merdeka.com
Pasukan perdamaian PBB (merdeka.com)

Timlo.net – Pasukan TNI yang tergabung dalam United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) dapat diterima masyarakat setempat. “Garuda” menjadi sebuah nama yang familiar di tengah-tengah masyarakat Lebanon. Apabila seorang Prajurit TNI berbelanja, berkunjung ke masyarakat, atau bahkan hanya sebatas berpapasan sering sekali penduduk lokal menyambut dengan teriakan bersahabat “Garuda!” Kemudian akan dibalas teriakan yang sama oleh prajurit TNI.

Mereka bisa mengenali prajurit Indonesia dengan sangat mudah, biasanya dengan melihat lambang bendera Merah Putih yang melekat di lengan kiri baju prajurit.

“Yang paling unik menurut mereka adalah senyum khas Indonesia yang bersahabat,” kata Komandan Kontingen Garuda 2015-2016, Kolonel Kav Jala Argananto.

Kolonel Argananto mengaku sudah jadi agenda wajib bagi pasukan Garuda untuk melaksanakan silaturahmi dengan tokoh masyarakat dan penduduk lokal.

Dia selalu menekankan kepada para Prajurit Garuda untuk selalu menjaga hubungan dengan sesama Pasukan Penjaga Perdamaian termasuk dengan penduduk setempat. Tetapi tentunya harus memperhatikan prinsip Imparsial (tidak memihak) serta kewaspadaan sebagaimana layaknya sebuah tugas operasi.

Kehadiran prajurit TNI sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian PBB berkali-kali mendapat pujian internasional.

“Bukan hanya menyangkut faktor keamanan semata, namun juga bermanfaat bagi kehidupan sosial di lingkungan tempat tugas,” kata Force Commander Unifil Mayjen Luciano Portolano.

Hal senada juga disampaikan oleh Panglima Angkatan Bersenjata Lebanon Jenderal Jean Qahwaji. Dia mengatakan kehadiran Kontingen Garuda yang tergabung dalam Pasukan Penjaga Perdamaian PBB memberi ketenangan bagi warga setempat.

“Masyarakat Lebanon berharap selalu ada prajurit TNI Kontingen Garuda dalam penugasan UN Peacekeepers di Lebanon, karena pasukan Kontingen Garuda sangat mudah untuk berinteraksi dengan masyarakat Lebanon,” katanya.

[ian]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge