0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Truk Mogok di Rel, KA Prameks Ditahan di Stasiun Klaten

dok.timlo.net/aditya wijaya
Truk bermuatan tripleks sempat mogok di rel (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten —┬áTruk tronton bermuatan puluhan ton kayu mogok di tengah perlintasan kereta api di Desa Krapyak, Kecamatan Klaten Selatan. Akibatnya, sejumlah truk maupun bus yang melintas di jalan lingkar selatan atau bypass itu dialihkan melalui jalur Kota Klaten.

“Tadi mogoknya sekitar pukul 10.10 WIB. Akibatnya sebuah kereta api (KA) Prameks menuju Yogja kita tahan dulu keberangkatannya di Stasiun Kota Klaten,” ujar Petugas Pintu Perlintasan 283 Krapyak, Dwinanto, Senin (14/3).

Mengetahui truk bernomor E 9001 D itu terjebak di tengah rel, pihaknya pun langsung menghubungi Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Klaten. Dibantu mobil derek, akhirnya truk berhasil didorong keluar dari rel.

“Pukul 10.30 WIB, Prameks akhirnya bisa melanjutkan perjalanan ke Yogya. Dan kereta api lainnya susah boleh melintas,” imbuh Dwinanto.

Sementara, pengemudi truk, Daryani (40) warga Malebo, Kandangan, Kabupaten Temanggung menyatakan, truk bermuatan kayu sengon itu mogok lantaran ban tronton engkel nyangkut di bak. Ia berencana mengantarkan 20 ton kayu dari Kediri, Jawa Timur itu menuju Purworejo untuk dijadikan triplek.

“Engkel nyangkut di bak saat melewati lubangan rel. Sehingga kalau maju kayak direm. Itu enggak melebihi muatan, normalnya 21 ton dan tadi sudah melewati jembatan timbang,” ucap Daryani.

Kendati sudah keluar dari tengah rel, truk berwarna merah itu masih menutupi badan jalan. Akibatnya, arus kendaraan dari arah Yogya-Solo atau sebaliknya yang melintasi by pass Klaten dialihkan melewati jalur Kota Klaten.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge