0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Pelayat Iringi Pemakaman Almarhum Siyono

Ratusan pelayat iringi pemakaman Siyono (Sy) di Dusun Brengkungan RT 11 RW 05, Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Pemakaman almarhum, Siyono (Sy) yang ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror pada Selasa (8/3) lalu, diwarnai ketegangan. Pasalnya, simpang siur penyebab kematiannya mengundang pertanyaan.

“Kami sudah mengecek apakah ada surat penangkapan, keterangan yang menunjukan Siyono ditangkap. Sampai detik ini tidak ada satu lembar surat pun yang dikeluarkan dari institusi mana yang menangkap atau yang menyebabkan kematian Siyono. Apa dari Densus atau darimana itu belum tahu. Jadi belum ada surat secara formal yang diterima keluarga,” kata kuasa hukum almarhum keluarga Siyono, Sri Kalono, sebelum jenazah tiba, Minggu (13/3) dini hari.

Pantauan Timlo.net, sekitar pukul 02.20 WIB jenazah Siyono tiba di rumah duka di Dukuh Brengkungan RT 11/RW 05, Desa Pogung, Kecamatan Cawas. Namun ratusan pelayat dari Ormas Islam sempat bersitegang dengan petugas. Pelayat mencoba menghadang seraya memekikan takbir, sedangkan petugas tidak melakukan apapun.

Akhirnya ketegangan reda setelah ada negoisasi antara Kapolres Klaten dengan pimpinan ormas. Lantas jenazah almarhum putra bungsu dari Marso itu bisa dibawa masuk ke rumah duka. Selesai mengganti kafan, jenazah disalatkan di Masjid Muniroh. Sekitar pukul 03.00 WIB, jenazah dikebumikan di TPU desa setempat.

Kapolres Klaten AKBP Faizal mengatakan, petugas hanya melakukan pengamanan mulai dari keberangkatan dari Jakarta sampai masuk wilayah Klaten. Disinggung tuntutan dari pihak keluarga melalui kuasa hukum terkait penyebab kematian Siyono, hal itu merupakan ranah dari Mabes Polri.

“Ada permintaan dari camat untuk kami siapkan pasukan backup di sana. Back up dari Brimob juga. Tidak ada tindakan anarkis dari laskar dan ormas. Sedangkan tuntutan pihak keluarga, kami hanya memantau dan memonitor,” ucap Kapolres.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge