0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tampilkan Keragaman Budaya Asia Melalui Asian Festival 2016

timlo.net/achmad khalik
Pre even Asian Festival 2016 yang mengusung tema Merayakan Keberagaman Asia yang digelar di Car Free Day Jalan Slamet Riyadi, Solo (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kekayaan budaya di Kawasan Asia sungguh sangat melimpah. Tak hanya alam semata, melainkan kekayaan intelektual dari hasil cipta rasa dan karsa memiliki nilai sangat tinggi. Sejumlah kreasi dibidang seni tari, makanan dan masih banyak yang lain terkenal hingga seantero jagat. Sehingga, banyak orang penasaran ingin menyaksikan bentuk dari hasil kreasi bangsa Asia yang lain.

Berawal dari itu, Mugi Dance Studio dan Japan Foundation bakal menyelenggarakan Asian Festival 2016 yang bakal dihelat di Dusun Krapyak RT 01/ RW 07 Desa Pucangan, Kartasura, Sukoharjo pada Sabtu, 19 Maret Mendatang.

“Asia itu sangat kaya. Tak hanya unsur alamnya, melainkan hasil kreasi mulai makanan, seni dan budaya juga melimpah,” terang koordinator kegiatan Asian Festival 2016, Nuri Aryati, Minggu (13/2) pagi.

Dalam pre event yang diaelenggarakan di Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Solo, pihaknya ingin supaya masyarakat mengetahui ragam budaya di Asia sangat majemuk. Disamping itu juga, melalui pre event tersebut pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk menyaksikan pertunjukan yang mengusung tema “Merayakan Keberagaman Asia”.

“Nantinya, akan menghadirkan sejumlah peserta dari Japan, Thailand, Indonesia, Filipina dan masih banyak yang lain,” jelaa Nuri.

Uniknya, lanjut istri seniman kontemporer, Mugiyono Kasido tersebut adalah setiap seniman dari berbagai negara akan berkolaborasi dengan seniman negara lain. Dimana, mereka telah melakukan latihan hampir satu bulan untuk mempertontonkan hasil latihan yang telah mereka peroleh.

“Mereka telah berlatih di Studio Mugidance, hasil latihan kolaborasi wajib ditampilkan dalam pertunjukan nanti,” ujar Nuri.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge