0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Taktik Ubah Strategi, Kunci Kemenangan Satya Wacana

Satya Wacana Salatiga (dok.timlo.net/aryo)

Solo – Klub basket asal Jateng, Satya Wacana Salatiga (SWS) mulai mewujudkan ambisinya tampil maksimal di seri IV kompetisi IBL 2016. SWS menang atas Bima sakti Nikko Steel Malang, 47-41 di GOR Sahabat Semarang, Sabtu (12/3) sore.

Bima Sakti Nikko Steel Malang sebenarnya tampil bagus di tiga kuarter awal. Terbukti Bima Sakti lebih tenang dalam menjalankan serangan sehingga mampu unggul di dua kuarter awal 14-13 dan 27-23.

Namun perlahan permainan Yanuar Dwi Priasmoro dan rekan-rekannya kendur memasuki babak akhir. Hal itu akhirnya dapat di manfaatkan oleh Satya Wacana Salatiga untuk dapat berbalik unggul atas lawannya.

SWS yang mendapat dukungan penuh dari para fansnya yang memadati GOR Sahabat, membuat anak asuh Efri Meldi termotivasi penuh. Satya Wacana mulai bangkit dan menipiskan margin ketertinggalnya.

Puncaknya saat buzzer beater kuarter ketiga berbunyi Musthofa Ramadhanmampu melesatkan tembakan tiga angka dan memperkecil kedudukan menjadi 37-33.

Memasuki kuarter empat pertandingan semakin hidup, khususnya bagi Satya Wacana yang ingin menjaga asanya untuk dapat lolos ke babak playoffs untuk pertama kalinya. Di mulai saat sisa waktulima menit kuarter akhir, Andre Adriano mampu membalikkan keunggulan 42-41. Center Firman Dwi Nugroho berulangkali menambah poin untuk SWS dan menutup laga dengan kemenangan 47-41.

Usai pertandingan, pelatih Satya Wacana, Efri Meldi mengatakan kunci kemenangan timnya adalah taktik merubah strategi ke zone defense. Performa apik Budi Sucipto juga membuat SWS tampil lebih greget sore ini.

“Kami berhasil membalikkan momentum di akhir kuater ketiga dengan mengubah strategi menjadi zone defense. Pada saat kami unggul, saya instruksikan anak-anak untuk mengontrol tempo permainan,” ucapnya.

Fans Satya Wacana yang cukup berisik diakuinya juga cukup membantu konsentrasi Nikko Steel terganggu.

“Saya selalu mengingatkan kepada tim agar memberikan permainan yang terbaik kepada fans,” tambahnya.

Selanjutnya, Satya Wacana Salatiga akan berhadapan dengan NSH Jakarta, Minggu (13/3). Sementara, Bimasakti Nikko Steel Malang akan melawan Hangtuah Sumsel pada hari yang sama.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge