0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gagal Panen, Asuransi Petani Cair Rp 170,2 Juta

Kepala Dispertan Klaten Wahyu Prasetyo, batik lengan panjang, menyerahkan klaim asuransi usaha tani padi (AUTP) kepada petani Kecamatan Karangdowo. (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Pemkab Klaten menyalurkan premi asuransi usaha tani padi (AUTP) kepada 10 kelompok tani di wilayah Kecamatan Karangdowo. Hal itu menyusul kegagalan panen musim tanam satu (MT I) di awal tahun 2016.

“Total pembayaran premi AUTP melalui PT Jasindo selaku pihak asuransi ini mencapai Rp 170.274.000,” ujar Koordinator Jabatan Fungsional Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten, Jumat (11/3).

Berdasarkan data Dispertan Klaten, tahun pertama pemberlakuan AUTP, ada 25.000 petani dengan total luasan 5.365 hektar sawah. Dari total tersebut ada beberapa lahan yang terendam banjir dan sebagian terserang organisasi pengganggu tanaman (OPT).

Setelah melalui proses verifikasi, Jasindo menghitung ada 28,3 hektar sawah yang berhak mendapatkan premi. Lahan padi gagal panen itu digarap 87 petani yang tersebar di 8 desa di Kecamatan Karangdowo.

“Dalam kelompok kami ada 12 petani yang menerima klaim premi dengan total Rp 12 juta. Gagal panen karena terendam banjir. Usianya baru sekitar seminggu, dan terendamnya juga sekitar seminggu. Sehingga tidak bisa diselamatkan lagi,” ujar ketua kelompok tani (Gapoktan) Dadi Mulyo Desa Tumpukan, Karangdowo, disela-sela penyaluran premi di Aula Kantor Dispertan Klaten.

Sementara itu, Kepala Dispertan Klaten, Wahyu Prasetyo mengingatkan, para petani jangan merasa senang dulu. Alasannya, penerima premi AUTP dikategorikan gagal dalam mengelola sawah mereka.

“Momen seperti ini kelihatannya menyenangkan, namun jangan sampai hal tersebut terulang lagi. Saya sebagai pribadi maupun kedinasan berharap agar peristiwa banjir ataupun gagal panen menimpa anda sekalian. Kalau pilih terima premi atau sukses panen, pastinya saya meyakini anda semua lebih memilih panen,” kata Wahyu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge