0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Minta Presiden Bikin Waduk di Karanganyar Lagi

Presiden Jokowi meninjau pembangunan Waduk Gondang (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Bupati Karanganyar Juliyatmono meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk membangun waduk baru di Desa Jlantah, Kecamatan Jatiyoso. Pembangunan waduk di wilayah tersebut dinilai penting karena nantinya air dalam waduk tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengairi lahan pertanian yang ada di Kabupaten Karanganyar.

“Nantinya bisa mengairi daerah 4J (Jatipuro, Jatiyoso, Jumapolo, Jumantono) yang selama ini pertaniannya hanya mengandalkan air hujan,” kata Bupati Juliyatmono, Jumat (11/3).

Potensi yang ada di wilayah tersebut menurutnya juga lebih besar jika dibandingkan dengan Waduk Gondang. Debit air sungai Jlantah lebih besar dibanding sungai yang ada di Waduk Gondang ini.

“Debit airnya mencapai 5 ribu meter kubik per detik, lebih besar dari waduk. Gondang yang hanya berkisar 2 ribu,” jelasnya.

Menanggapi hak itu, Presiden Jokowi langsung memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono segera melakukan pengecekan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui layak atau tidak dibangun waduk.

“Kalau memang memungkinkan ya kita bangun,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge