0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMP Birrul Walidain Menangkan Lomba Robotika Internasional

timlo.net/agung widodo
Siswa SMP Birrul Walidain, Afif Nur Fauzi (14) dan Satria Putra Pratama (12), bersama kepala sekolah, Amir Hamzah. (timlo.net/agung widodo)

Sragen — SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen meraih juara pertama dalam lomba robotika tingkat internasional di Jakarta. Dua siswa dari SMP Birrul berhasil menyingkirkan peserta dari lima negara Asia lainnya. Keduanya berhak membawa pulang Piala Gubernur DKI Jakarta.

“Lomba robot internasional itu diikuti 57 tim dar tiga jenjang pendidikan yaitu SD, SMP dan SMA. Tim robotika SMP Birrul Walidain mengikuti lomba untuk kategori maze solving atau pemecah jalan rumit,” kata Kepala SMP Birrul Walidain Sragen, Amir Hamzah, Jumat (11/3).

Amir menjelaskan, lomba digelar di Jakarta Islamic Center pada Selasa (8/3) lalu dalam ajang Pondok Karya Pembangunan (PKP) Islamic School Internasional Robotic Games. Lomba ini sendiri memperebutkan Piala Gubernur DKI Jakarta.

Dalam ajang tersebut, robot jenis pololu buatan siswa SMP Birrul Walidain, Afif Nur Fauzi (14) dan Satria Putra Pratama (12), berhasil melewati jalan rumit (Maze solving) dan mencapai finish dengan lancar. Tim Birrul mampu mengungguli perwakilan dari negara-negara lain seperti Malaysia, Tailand, Singapura, Brunai Darussalam dan Jepang.

“Yang berhasil mencapai finish itu yang dinyatakan menang,” ujar Amir.

Sementara, Afif Nur Fauzi, yang saat ini masih duduk di kelas 8 SMP Birrul Walidain Sragen ini mengaku hanya membutuhkan waktu tiga hari mempersiapkan diri sebelum lomba. Selama ini dalam pembuatan robot dipandu oleh tentornya Robota Robotic School Solo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge