0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

25 Desa di Boyolali Ini Rawan Longsor

Tebing rawan longsor di wilayah Cepogo (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Intensitas hujan yang masih tinggi diprediksi bakal berlangsung hingga akhir bulan Maret ini. BPBD Boyolali melakukan kewaspadaan untuk mengantisipasi bencana alam, khususnya bencana tanah longsor. Data di BPBD Boyolali terdapat 25 desa di enam kecamatan yang rawan longsor.

“25 Desa itu hasil kajian dari ahli geologi dari Universitas Gajah Mada (UGM),“ kata Kepala BPBD Boyolali, Nur Khamdani, Jumat (11/3).

Dari 25 desa tersebut, terbanyak di Kecamatan Selo, sebanyak 10 desa, 3 desa di wilayah Kecamatan Cepogo bagian barat, 4 desa di Kecamatan Musuk bagian selatan, 4 Desa di Ampel bagian barat, semuanya berada di Kawasan Lereng Merapi. Untuk wilayah utara, dua Desa di Kecamatan Klego dan 1 Desa di Kecamatan Kemusu.

“Untuk kawasan lereng Merapi, rawan longsor karena kondisi alam dengan tebing yang sangat curam dan tanah gembur,” tambahnya.

Sedangkan untuk wilayah Klego dan Kemusu, lebih banyak disebabkan kontur tanah yang merupakan tanah gerak. Pihaknya sejauh ini terus melakukan sosialisasi ke masyarakat agar lebih waspada terutama saat hujan deras menguyur dengan durasi 2 jam. Salah satunya dengan mensosialisasikan agar masyarakat yang berpofesi sebagai petani, mengolah lahan pertanian menyesuaikan dengan kondisi yang ada dan dilarang menanami bibir tebing.

 

“Terasiring jangan dibuat searah dengan kemiringan tanah,harusnya melintang, sehingga air tidak langsung meluncur ke bawah,” tandasnya.

25 Desa yang masuk kawasan rawan longsor:

Kecamatan Selo:

1.  Desa Jeruk

2.  Desa Jrakah

3.  Desa Klakah

4.  Desa Lencoh

5.  Desa Samiran

6.  Desa Selo

7.  Desa Senden

8.  Desa Suroteleng

9.  Desa Tarubatang

10. Desa Tlogolele

Kecamatan Cepogo:

1. Desa Wonodoyo

2. Desa Sukabumi

3. Desa Genting

Kecamatan Musuk:

1. Desa Mriyan

2. Desa Sangup

3. Desa Jemowo

4. Desa Cluntang

Kecamatan Ampel:

1. Desa Ngangrong

2. Desa candisari

3. Desa Ngadirojo

4. Desa Sampetan

Kecamatan Kemusu:

1. Desa Kendel

Kecamatan Klego:

1. Desa Gondanglegi

2. Gunungmadu

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge