0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kota Lama Dipercantik, Jadi Obyek Wisata

Kota Lama Semarang (merdeka.com)

Timlo.net – Bangunan bersejarah dan bangunan tua di kota Semarang akan dijadikan sebagai obyek wisata. Sebuah perusahaan plat merah, PT Rajawali Nusantara Persero (RNI), bakal menggandeng pemerintah dan perusahan daerah untuk mewujudkannya.

“Gedung-gedung tua itu akan dioptimalkan dan dibuat agar memiliki nilai jual. Kami akan berkoordinasi terkait bentuk kerjasamanya seperti apa,” kata Direktur Pengembangan dan Investasi PT RNI Agung Murdanoto, Kamis (10/3).

Menurut Agung, aset tersebut banyak berada di kawasan Kota Lama, Semarang. Jika dijadikan obyek wisata, maka kawasan tersebut bisa menyerupai Braga di Bandung, Jawa Barat.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mendukung rencana tersebut. Dia mengusulkan beberapa gedung tua dijadikan ruang pamer yang dapat dinikmati masyarakat maupun wisatawan.

Wajar saja jika RNI memiliki banyak gedung tua di Semarang. Sebab, RNI awalnya bernama NV Handel My Kian Gwan, adalah perusahaan perdagangan hasil bumi yang didirikan oleh Oei Tjien Sien di Semarang pada 1 Maret 1863.

NV Handel My Kian kemudian dikembangkan secara turun temurun dan berubah menjadi perusahaan induk sebelum akhirnya diambil alih Pemerintah Republik Indonesia pada 1961.

Pada 1964, pemerintah menjual seluruh aset perusahaan dan memasukkannya sebagai penyertaan modal dalam pendirian PT Perusahaan Perkembangan Ekonomi Nasional (PPEN) Rajawali Nusantara Indoneia (PT RNI) pada 12 Oktober 1964.

[yud]

Sumber: merdeka.com

 

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge