0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Angkutan Plat Hitam Gandeng Perusahaan Pembiayaan

Angkutan Plat Hitam di Terminal Tawangmangu (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pengusaha angkutan plat hitam Tawangmangu berencana menggandeng perusahaan pembiayaan untuk pengadaan armada baru mereka. Armada baru tersebut bakal berplat kuning sesuai aturan pemerintah.

“Nantinya tidak ada lagi angkutan plat hitam, semua berplat kuning sesuai aturan,” kata Sumadi, Koordinator Paguyuban Angkot Plat Hitam Tawangmangu ‘Ngudi Rezeki’, Kamis (10/3).

Sumadi mengatakan, sebagian besar pengusaha angkutan memilih membeli armada baru daripada harus merubah angkutan plat hitam jadi plat kuning. Mereka beralasan kalau hanya punya plat kuning nanti kalau ada carteran di luar trayek harus ada ijin khusus.

“Padahal hanya sambatan tilik tetangga yang sakit ke rumah sakit, masak harus pengajuan ijin, kan repot,” jelasnya.

Untuk merealisasikan hal itu, paguyuban juga sudah mendirikan koperasi yang nantinya akan mengurusi angsuran. Namun hingga saat ini belum ada perusahaan pembiayaan yang bersedia bekerja sama.

“Kami berharap pemerintah bisa memfasilitasi, sehingga cepat terealisasi,” katanya.

‪Sebelumnya, rencana pengambilalihan Terminal Tawangmangu oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berdampak pada puluhan angkutan plat hitam yang beroperasi di tempat itu. Angkutan umum plat hitam memang masuk kategori ilegal. Sehingga jika nanti terminal Tawangmangu berubah menjadi terminal tipe B, semua angkutan plat hitam dilarang beroperasi.

“Kami manut saja. Asalkan kami bisa tetap mencari nafkah. Total terdapat 50 armada plat hitam yang beroperasi mengangkut penumpang,” kata Sumadi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge