0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Arief Yahya Kagumi Museum Kata Andrea Hirata

www.museumkataandreahirata.com
Museum Kata Andrea Hirata (www.museumkataandreahirata.com)

Timlo.net – Menteri Pariwisata Arief Yahya berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata di Belitung Timur, Babel, Rabu, (9/3). Rumah yang sudah menjadi galeri kata-kata sangat monumental buat Belitung. Dari rumah inilah gagasan film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi itu muncul dan mengilhami Andrea Hirata.

Arief Yahya memberi apresiasi Andrea yang karya novel Laskar Pelangi-nya mampu mengangkat nama Belitung.

“Karena itu Museum Kata ini sangat penting bagi brand Belitung yang sangat lekat dengan Negeri Laskar Pelangi,” jelas Arief Yahya, seperti rilis yang diterima Timlo.net, Kamis (10/3).

Bangunannya sederhana, didekorasi dan didesain menyatu dengan alam. Temboknya papan kayu, lantainya ubin plaster semen yang sudah kelihatan lama. Semua ruangan dipakai untuk display kata-kata mutiara Andrea Hirata, lukisan, dan buku-buku karya sastrawan kontemporer itu.

Andrea menjelaskan, museum yang dia buat itu sebenarnya sudah tidak menampung banyaknya pengunjung yang datang. Setiap hari selalu didatangi wisatawan yang ingin melihat musem tersebut.

“Saya malah harus membatasi pengunjung, karena memang tidak nampung lagi,” jelas Andrea.

Arief Yahya datang bersama Bupati Beltim Yuslih Ihza Mahendra.

“Saya melihat ada “Hobbit” di Museum Kata yang dikelola Andrea Hirata,” ucap Arief.

Hobbit yang dimaksud berada di New Zeland Landscape, lokasi syuting film Lord of the Rings. Ada rumput hijau yang tertata rapi, bukit dan rumah para Hobbit yang hangat dan nyaman. Kekuatan cerita, divisialisasi dalam bentuk film, mampu mendrive pariwisata dengan signifikan.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge