0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Soal Kabut Asap, Warga Gugat Presiden

merdeka.com
Ratusan warga mengajukan gugatan citizen law suit (CLS) (merdeka.com)

Timlo.net – Ratusan warga mengajukan gugatan citizen law suit (CLS) kepada Presiden Joko Widodo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Pertanian, Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Kesehatan dan Gubernur Riau, Kamis (10/3). Mereka menilai, kebakaran hutan yang terjadi beberapa bulan lalu dianggap menyengsarakan rakyat.

Sebelum mendaftarkan gugatan, empat penggugat yang terdiri dari Al Azhar yang merupakan Ketua Umum Lembaga Adat Melayu Riau, Riko Kurniawan selaku Direktur Wahana Lingkungan Hidup Riau, Heri Budiman dari Rumah Sikukeluang, dan Woro Supartinah dari Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau, bersama 13 orang kuasa hukumnya, serta masyarakat Riau melakukan longmarch dari Kantor Lembaga Bantuan Hukum Pekanbaru menuju PN Pekanbaru.

“Hari ini, kami memperlihatkan keseriusan untuk menagih janji negara membersihkan Riau dari kebakaran hutan dan lahan. Sudah cukup, hampir dua dekade paru-paru kami disesaki asap,” ujar Riko Kurniawan.

Koordinator Tim Kuasa Hukum CLS Indra Jaya mengatakan, setelah pendaftaran gugatan, mereka meminta agar Ketua PN Pekanbaru menunjuk majelis hakim yang memeriksa dan mengadili gugatan CLS ini merupakan hakim bersertifikat lingkungan.

“Kita juga meminta agar publik ikut serta secara aktif mengambil bagian untuk mengikuti berbagai proses persidangan yang akan berlangsung di PN Pekanbaru,” katanya.

Menanggapi yang disampaikan Indra, Koordinator Aksi yang menyertai gugatan CLS asap, Rian Sibarani, menyebutkan bahwa akan ada pengorganisasian massa setiap sidang-sidang gugatan asap ini nantinya.

“Komitmen mengawal tahapan gugatan CLS ini telah kami mulai hari ini dengan turut serta bersama masyarakat mengawal proses pendaftaran gugatan CLS di Kepaniteraan PN Pekanbaru,” kata Rian.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge