0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nuklir Berperan Besar dalam Perakitan Varietas Unggul

dok.timlo.net/tyo eka
Seminar Nasional Pemanfaat Teknologi Nuklir Untuk Kesejahteraan Manusia, di UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Peneliti Pemuliaan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS), Dr Parjanto MP mengemukakan, teknologi nuklir telah berperan besar dalam perakitan varietas unggul melalui pemuliaan mutasi.

“Pemuliaan mutasi dengan teknologi nuklir relevan untuk terus dikembangkan, metode ini mudah, efektif, aman dan kompatibel dengan motede lain,” jelas Dr Parjanto pada Seminar Nasional Pemanfaat Teknologi Nuklir Untuk Kesejahteraan Manusia, di ruang Sidang Senat Terbuka UNS, di Kampus UNS, Solo, Kamis (10/3).

Parjanto mengatakan, peningkatan kinerja pemuliaan mutasi menggunakan teknologi nuklir dapat dilakukan melalui kerjasama antar berbagai pihak yang berkepentingan. Pemuliaan mutasi merupakan perbaikan sifat tanaman melalui proses mutasi. Mutasi yakni perubahan genetik yang terjadi secara tiba-tiba dan acak.

Sementara itu terkait kebijakan UNS mendukung pemanfaatan teknologi nuklir untuk kesejahteraan manusia, Wakil Rektor I bidang Akademik UNS Prof Drs Sutarno MSc mengemukakan, UNS memanfaatkan teknologi nuklir untuk tujuan kesejahteraan masyarakat Indonesia seperti energi, pangan, kesehatan, industriy, obat-obatan.

“Seiring teknologi nuklir, UNS melakukan sosialisasi dan deseminasi ke masyarakat,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge