0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemberian Vaksin Polio Injeksi Diberlakukan Setelah PIN

dok.timlo.net/agung widodo
PIN Polio di Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pemberian vaksin polio injeksi atau suntik mulai diberlakukan setelah Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang berlangsung  8 hingga – 15 Maret. Namun secara umum pemberian vaksin ini tidak jauh berbeda dengan vaksin oral yang selama ini sudah dilakukan.

”Injeksi  memang tidak banyak berbeda dengan pemberian tetes sekarang ini,” kata Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Kejadian Luar Biasa Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, Sunar, kemarin.

Sunar menjelaskan, pemberian vaksin polio injeksi ini rencananya baru akan dilakukan pada bulan Juli  mendatang. Imunisasi ini sebenarnya hanya sebagai langkah pencegahan. Kabupaten Sragen sudah dinyatakan bebas polio sejak Maret 2014 lalu. PIN sendiri dilaksanakan serentak terakhir kali lebih dari 20 tahun lalu yaitu tahun 1995.

Sedangkan PIN 2016 ini dilakukan di pos-pos PIN yang telah ditunjuk. Jika masih ada bayi yang belum mendapat imunisasi, maka pihaknya akan melakukan jemput bola mulai 16 Maret. Jemput bola itu dilakukan karena kemungkinan ada yang tidak sempat datang ke Pos PIN yang telah ditunjuk.

Selama PIN ini, Pemkab Sragen tengah mengerahkan 807 pos di 20 Kecamatan. Selain itu sudah disiapkan 1.048 orang petugas dibantu 3.995 relawan. PIN kali ini disiapkan untuk bayi berusia 0 – 59 bulan sebanyak 64.697 bayi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge