0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Tiga Hal Utama yang Jadi Perhatian UNS

Upacara HUT UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Dr Ravik Karsidi MS menyatakan, saat ini ada tiga konsepsi yang akan menjadi perhatian UNS di tahun-tahun ke depan.

“Ketiga konsepsi tersebut adalah World Class University (WCU), Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) dan Hilirisasi,” jelas Prof Ravik saat menjadi Inspektur Upacara Menyambut Lustrum ke 8 UNS 2016, di halaman Rektorat UNS, Kampus Kentingan, Jebres, Solo, Kamis (10/3).

Ketiga konsep itu, menurut Ravik, saling mendukung dimana WCU adalah ruhnya yang berisi kualitas akademik dan manajemen UNS berkelas dunia, sedangkan PTN BH adalah kendaraan atau wadah organisasi yang menaungi WCU, dan Hilirisasi adalah relevansi kemajuan  berupa manfaat hasil pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk pengembangan industri dan kesejahteraan masyarakat.

Ravik mencontohkan, produk terkait baterai, mobil dan sepeda motor listrik telah dikenal secara nasional, smart material temuan UNS juga telah dipesan beberapa pabrik otomotif kelas dunia, rumput yang ada menghampar di UNS, Javanologi dan produk lainnya akan menjadi incaran perusahaan dan industri nasional internasional.

“Kita terus bekerja dan terus meneliti, sehingga UNS akan menjadi pusat inovasi Indonesia dan dunia,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Rektor memberikan penghargaan Green Campus Award kepada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) sebagai peringkat pertama, Fakultas Teknik sebagai peringkat kedua dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) sebagai peringkat ketiga.

“Pemberian penghargaan Green Campus kepada fakultas berdasarkan komitmen dalam aspek infrastruktur, transportasi, pengelolaan limbah, konservasi sumberdaya air, pendidikan dan aspek penghematan energy,” jelasnya.

Pemberian penghargaan kategori mahasiswa berprestasi juga diberikan kepada Juara Kategori Non Editing Pada Commercial Movie Categori Non Editing Gatsby Award 2015 ke 10 yang digelar di Tokyo Jepang, masing-masing Singgih Nugroho dan Muhammad Nanda Satrio.

Penghargaan juga diberikan Tim Bengawan II yang menjadi Juara II kategori Urban Diesel pada Shell Eco-marathon Asia 2016 di Manila, Philipina, yang anggota timnya terdiri dari Muhammad Andi Anzi, Vidi Fajri Herwanda, Rifki Dwi Putranto, Bayu Sutanto, Krisna Eka Kurniawan, Nur Anisa dan Genta Praha Picaso.

“Tim Bengawan tersebut merupakan mahasiswa Fakultas Teknik,” jelasnya.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita UNS yang berhasil meraih Juara IV kategori Folk Song Peringkat VI Kategori Classic dan juara Favorit Publikumspreis. “Kejuaraan itu adalah Internationaler Chorwett Bewerb Spittal An Der Drau In Austria,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge