0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikpora Upayakan Penyandang Tuna Netra Ikut UNBK

Dok.Timlo.net
Budi Setiono, Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo (Dok.Timlo.net)

Solo – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo tengah mengupayakan agar siswa penyandang tuna netra bisa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2016.

“Kendala yang ada saat ini adalah belum terhubungnya program Jaws yang biasa digunakan pada komputer atau laptop bagi penyandang tuna netra, dengan program UNBK,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Dikpora Solo, Budi Setiono, Rabu (9/3).

Menurut Budi, untuk penyandang tuna netra sebetulnya ada program Jaws yang dipasang di komputer atau laptop yang digunakan sebagai sarana belajar. Tetapi saat ini program Jaws tersebut belum share dengan program UNBK.

“Namun bila terpaksanya tidak bisa, ya kemungkinan untuk siswa inklusi tersebut diikutkan ujian berbasis kertas atau paper based test (PBT), supaya ini tidak menyulitkan siswa tersebut dalam mengikuti UN,” jelasnya.

Namun demikian bagi siswa penyandang low vision, memastikan mereka bisa tetap mengikuti UNBK. Bahkan dengan layar komputer berukuran standar.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge