0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tim UNS Juara II Shell Eco Marathon

timlo.net/eko prasetyo
Dekan Fakultas Teknis UNS, Solihin (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Dua tim mahasiswa Universitas Sebelas Maret berhasil meraih Juara II dan IV pada Kompetisi Internasional Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2016 di Luneta Park Manila, Philipina.

“Dalam kompetisi ini mahasiswa peserta diminta mendesain mobil yang irit bahan bakar dengan berbagai jenis variasi bahan bakar,” ungkap Dekan Fakultas Teknis UNS, Solihin, Rabu (9/3).

Menurut Solihin, ada dua kategori kelas utama yakni prototype dan urban konsep berupa bentuk yang bisa diaplikasikan di perkotaan, yang dibedakan berbahan gas, bensin, diesel, elektrik, etanol, hidrogen dan bahan bakar lainnya.

“Tim UNS mengikuti dua kategori dan masing-masing meraih juara II untuk kategori Urban diesel dan Juara IV untuk kategori bensin,” ungkapnya.

Awalnya diikuti peserta sebanyak berjumlah 117 tim berasal dari 17 negara Asia ditambah beberapa negara diluar Asia, seperti dari Afrika seperti Mesir dan Australia. Dari Indonesia, ada 20 tim yang kemudian diseleksi menjadi Sembilan tim.

“Setiap tim terdiri dari 6 mahasiswa,” jelasnya.

Diraihnya prestasi internasional tersebut, kedepan diharapkan kedepan ada suatu regenerasi. Artinya, ilmu mereka bisa turun menurun atau diturunkan ke mahasiswa tingkat dibawahnya. Pengembangan dan keberlanjutan pendanaan.

“Keikutsertaan Tim asal Fakultas Teknik UNS ini sesuai salah satu program dalam rangka internasionalisasi,” jelasnya.

Dekan Fakultas Teknik UNS tersebut berharap kedepan bisa terjalin partner industry. Kalau ada partner industry, sehingga pendanaan tidak didukung 100 persen dari universitas, tetapi bisa saling mendukung sebagai mitra industri.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge