0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ketinggian Gardu Pandang Masjid Agung Dipangkas, DPRD Berang

Menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan kontraktor terkait proyek pembangunan menara Masjid Agung Klaten bakal dipanggil Komisi III DPRD Klaten. Pasalnya, menara dengan nilai Rp 11,3 Miliar itu mengalami keterlambatan.

“Ya kita mau manggil SKPD terkait bersama kontraktornya. Tapi akan kita koordinasikan dengan Ketua Komisi, karena Pak Ketua (komisi III) sangat kecewa. Secara waktu yang diberikan tidak selesai, sudah diberi kelonggaran waktu juga tidak selesai, kualitas bangunan kami sangat prihatin,” kata Anggota Komisi III DPRD Klaten Budi Raharjo, Selasa (8/3).

Berdasarkan inspeksi mendadak (sidak) beberapa waktu lalu, kata dia, tidak sesuai kontrak. Seharusnya rampung pada akhir Desember lalu, namun ternyata pembangunan tidak selesai. Pemkab pun akhirnya memberikan perpanjangan 50 hari hingga Februari agar menara diselesaikan tapi masih terlihat pengerjaan di sejumlah bagian.

Selain itu, pihaknya juga kecewa dengan perubahan desain menara setingggi 66,6 meter yang terinspirasi dari jumlah ayat Kitab Suci Al Quran sebanyak 6.666 ayat. Pelaksana proyek yakni Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) dituding melakukan perubahan desain menara tanpa komunikasi dengan DPRD.

“Desain awal dulu 66.6 meter, tapi kenyataan gardu pandangnya sekarang hanya 35 meter. Padahal sudah kami sosialisaikan ke masyarakat kalau naik ke menara bisa melihat pemandangan kota Klaten dari atas seperti di Masjid Agung Jawa Tengah. Mungkin DPU punya alasan khusus redesain, tapi kami sangat kecewa,” ucap anggota Fraksi PKS itu.

Dari sidak itu pihaknya menemukan kubah masjid yang bocor. Adapun pembangunan Masjid Agung Al Aqsha dilakukan secara mulai tahap I hingga tahap IV. Total anggaran sejak pembangunan tahun 2012 hingga saat ini mencapai Rp 60,06 Miliar. Bangunan masjid terdiri dari tiga lantai. Lantai I seluas 2.163 meter persegi, lantai II 2.119 meter persegi, dan lantai III 984 meter persegi.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge