0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menteri Agama Tagih Janji Raja Arab

foto: Aditya
Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin saat menghadiri upacara Tawur Agung Sasih Kesanga di lapangan Wisnu Mandala Candi Prambanan (foto: Aditya)

Klaten – Pemerintah Indonesia berupaya menambah kuota haji pada tahun-tahun mendatang. Hal itu diungkapkan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin disela-sela menghadiri upacara Tawur Agung Sasih Kesanga di pelataran Candi Prambanan, Selasa (8/3) kemarin.

“Kuota haji kemungkinan akan sama dengan tahun lalu 168.800 orang. Tapi saya insyallah besok bertolak ke Saudi untuk tandatangan berapa kuota kita yang sesunggunya. Nanti saya ketemu Menteri Haji dan Menteri Wakaf (Arab Saudi),” Kata Lukman Hakim.

Ditambahkan, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud pernah berjanji akan menambah kuota haji sebanyak 10 ribu orang untuk Indonesia tahun ini. Hal itu berdasarkan pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Raja Salman pada 2015 lalu.

“Saya diperintah Pak Presiden (Joko Widodo) untuk menanyakan tambahan kuota haji itu. Mudah-mudahan tambahan kuota 10 ribu orang bisa dipenuhi,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Klaten Mustari mengatakan, kuota haji Kabupaten Klaten tahun ini hampir sama dengan kuota tahun lalu. Sebanyak 700 jamaah calon haji asal Klaten akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

”Kisaran 700 orang lebih. Sekarang tahapannya persiapan pembuatan paspor. Untuk daftar tunggu sampai 2031, dan kami berharap mendatang ada tambahan kuota,” ujarnya saat dihubungi wartawan.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge