0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Melihat Gerhana Matahari, Warga Manfaatkan Film Bekas Rontgen

sejumlah warga dan anak anak melihat gerhana matahari menggunakan film rontgen di Kartasura (foto: Putra)

Sukoharjo – Film bekas rontgen menjadi barang yang paling diburu oleh sejumlah warga di Kartasura, Rabu (9/3). Benda ini digunakan sebagai alat untuk melihat gerhana matahari sebagai pengganti kacamata matahari yang sulit didapatkan.

“Ini dari film rontgen saat saya patah tulang karena kecelakaan, tadi saya bongkar dan ketemu bisa digunakan untuk melihat gerhana matahari. Lumayan mas, tidak harus beli. Lagian kalau beli saya tidak tahu di mana,” kata salah satu warga, Martoyo, (Rabu (9/3).

Sejumlah warga tampak mengamati proses terjadinya gerhana matahari dari atas jembatan penyeberangan Jalan Ahmad Yani, Kartasura pada Rabu pagi. Mereka tidak menggunakan kaca mata khusus, melainkan menggunakan film bekas rontgen.

Mereka sudah mendapatkan informasi untuk melihat gerhana matahari harus menggunakan alat bantu agar tida merusak retina mata. Sehingga, dengan keterbatasan biaya, dan kesulitan harus mencarinya, para warga ini memanfaatkan barang bekas demi menyaksikan fenomena alam 270 tahun sekali ini.

“Setahu saya dari informasi di koran dan televisi, tidak boleh melihat langsung ke arah matahari karena berbahaya, jadi kita gunakan alat seadanya dan bisa terlihat dengan jelas juga,” tandas warga lainnya, Rudi.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge