0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puncak Gerhana, Matahari Terlihat Seperti Bulan Sabit

foto: Putra
puncak gerhana matahari dilihat dari kamera (foto: Putra)

Sukoharjo – Matahari terlihat seperti bulan sabit pada Rabu (9/3) pukul 07.24 WIB dari Sukoharjo dan sekitarnya saat puncak gerhana matahari. Pada saat itu matahari hanya menyisakan 17,5 persen dari ukuran aslinya dan terlihat sempurna menggunakan kacamata khusus untuk melihat matahari.

“Alhamdulillah cuaca pagi ini cerah sehingga observasi matahari saat terjadi gerhana dapat terlihat sempurna, dan peristiwa ini sesuai dengan perhitungan astronomi kami dari Club Astronomi Santri Assalam (CASA),” kata pengasuh CASA, AR Sugeng Riyadi, Rabu (9/3).

Proses terjadinya gerhana matahari dimulai tepat pukul 06.20 sampai dengan puncak pada pukul 07.24 dan berakhir pada pukul 08.36 WIB. Peristiwa lagka ini disaksikan langsung oleh rastusan masyarakat di Observatorium Pondok Pesantren Islam Modern Assalam (PPIMA).

Panitia terpaksa membatasi pengunjung observatorium hanya 200 orang demi keamanan dan kenyamanan pengunjung yang ingin menyaksikan fenomena alam gerhana matahari. Di sini disediakan kacamata matahari, sejumlah teleskop dan bisa menikmatinya di video streaming.

“Pada kondisi puncak, gerhana yang kita lihat baru saja 82,5 persen sehingga kondisinya masih cerah dan tidak menjadi gelap, dan antusias masyarakat ternyata juga cukup bagus sampai kita terpaksa harus membatasi yang ingin naik ke sini (Observatorium),” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge