0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UMS Gelar Salat Gerhana di Dua Lokasi

warga melaksanakan salat gerhana (Tyo Eka)

Sukoharjo – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Salat Gerhana Matahari di dua lokasi, yakni di Kampus UMS, Pabelan, Sukoharjo, Rabu (9/3).

“Satu bertempat di Masjid Fadurrohman di Kampus UMS-1 dan Halaman Kampus Fakultas Kedokteran UMS-4,” ungkap Kepala Humas UMS, Anam Sutopo, Rabu (9/3).

Sementara seribuan jamaah mengikuti salat Gerhana di halaman Kampus UMS-4 Fakultas Kedokteran. Imam dan khotib dilakukan oleh Dr. Imron Rosyidi. Sedang di masjid Fadurrohman di Kampus UMS-1 diikuti puluhan jamaah dengan imam dan khotib oleh Najamuddin Zuhdi.

Imron Rosyidi dalam kutbahnya mengemukakan, gerhana Matahari adalah bukti adanya sunnatullah.
“Sunnatullah adalah hukum Allah Swt yang telah ditetapkanNya,” jelasnya.

Menurut Imron, sebagai suatu peristiwa alam yang cukup menakjubkan dan mengejutkan, gerhana Matahari telah terjadi berulangkali. Bahkan siklus atau kapan waktu terjadinya sudah dapat diprediksi, dihitung, jauh hari sebelumnya dengan menggunakan ilmu falak atau astronomi.

Gerhana yang kita alami sekarang ini, menurut Imron, adalah gerhana Matahari total karena seluruh bagian piringan Matahari tertutup oleh piringan bulan. Akibatnya ada wilayah permukaan bumi yang betul-betul gelap karena bayang-bayang inti bulan yang gelap menutupi wilayah permukaan bumi.

Usai melaksanakan ibadah salat Gerhana di Kampus Fakultas Kedokteran UMS, jamaah bisa menyaksikan proses gerhana melalui teleskop yang dipancarkan melalui layar tv. Gerhana mencapai klimaksnya pada pukul 7.23 WIB.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge