0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Berbagai Komoditas Pangan Merangkak Naik

timlo.net/setyo pujis
Pedagang bawang merah (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Harga sejumlah komoditas pangan di Pasar Legi Solo belakangan ini terus merangkak naik. Tingginya harga tersebut dipengaruhi karena pasokan barang dari petani berkurang.

“Kenaikan harga bertahap, dan sudah terasa sejak beberapa pekan terakhir. Alasan dari pemasok, karena hasil panen petani tidak maksimal akibat adanya musim penghujan,” ujar salah satu pedagang bawang Pasar Legi, Sri Rahayu kepada wartawan, Selasa (8/3).

Dikatakannya, untuk harga bawang merah dari sebelumnya Rp 30 Ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 35 Ribu per kilogram. Bawang putih dari sebelumnya Rp 28 Ribu per kilogram sekarang menjadi Rp 29 Ribu per kilogram. Mrica sebelumnya Rp 180 Ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 185 Ribu per kilogram.

“Selain harga di pasaran naik, pasokan barang juga tersendat. Jika sebelumnya bisa dikirim satu Ton sekarang hanya setengahnya saja,” jelasnya.

Hal sama juga terjadi pada komoditas cabe. Salah satu pedagang cabe di Pasar Legi, Santo menjelaskan harga berbagai jenis cabe melambung tinggi sejak beberapa pekan terakhir. Selain itu, barang yang dipasok juga banyak yang rusak karena akibat musim penghujan.

Dia menyampaikan, untuk harga cabe merah besar dari sebelumnya Rp 25 Ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 46 Ribu per kilogram, cabe merah kriting sebelumnya Rp 35 Ribu per kilogram sekarang Rp 45 Ribu per kilogram, sedangkan rawit putih sebelumnya Rp 15 Ribu per kilogram sekarang Rp 20 Ribu per kilogram.

“Tingginya harga cabe, karena banyak petani yang gagal panen. Sehingga menyebabkan pasokan berkurang,” katanya.

Karena harganya yang terus merangkak naik, pihaknya mengaku permintaan dari pelanggan relatif berkurang. Mereka lebih memilih mengurangi pembelian demi menghemat pengeluaran. Sedangkan barangnya sendiri dipasok dari sejumlah daerah, seperti Klaten, Boyolali, Tawangmangu, dan Banyuwangi.

Sementara itu dari pantauan lainnya, harga berbagai jenis sayur juga mengalami kondisi yang sama. Seperti kobis dari sebelumnya Rp 5 Ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 10 ribu per kilogram. Brokoli dari sebelumnya Rp 6 Ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 10 Ribu per kilogram. Buncis dari sebelumnya Rp 3 Ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 5 Ribu per kilogram. Sementara untuk sledri dari sebelumnya Rp 8 Ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 15 Ribu per kilogram.

 

Pedagang bawang Pasar Legi

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge