0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Guru Pendidikan Geografi Harus Melek Teknologi

dok.timlo.net/tyo eka
Pakar Pendidikan Geografi UNS, Rita Noviani (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Pakar Pendidikan Geografi Universitas Sebelas Maret (UNS), Rita Noviani mengakui, pelajaran geografi umumnya memang tidak disukai oleh siswa, dan tidak jarang cara penyampaiannya kurang menarik, bahkan sering dijadwalkan pada jam-jam akhir atau siang.

“Juga masih banyak guru mata pelajaran Geografi yang tidak menggunakan media-media yang ada, misalnya teknologi informasi, gambar, miniatur-miniatur, dan sebagai. Padahal media teknologi sering membantu menerangkan fenomena alam yang ada,” jelas Rita kepada Timlo.net saat bertemu di ruang Humas UNS, Solo, Selasa (8/3).

Karena itu, agar mata pelajaran Geografi di sekolah-sekolah bisa menarik, kata dosen Pendidikan Geografi, guru yang mengajar Geografi seyogyanya menggunakan media-media yang ada, bahkan termasuk melek teknologi.

Adanya bantuan teknologi informasi, kata Rita, seperti internet, google earth, dan sebagainya, tentu akan banyak membantu siswa selain menarik, juga memberi gambaran nyata tentang alam yang dipelajari, termasuk logika berpikir.

Selain itu, lanjutnya, jadwal mata pelajaran Geografi seyogyakan ada yang dipindah pada jadwal pelajaran awal atau pagi. Sehingga siswa yang mendengarkan tidak dalam kondisi lelah karena sudah siang. “Sudah siang, penyampaiannya membosankan. Siswa menjadi malas tertarik,” ungkapnya.

Rita menyatakan, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, guru-guru sekarang hendaknya didorong untuk melek teknologi, terutama teknologi informasi. Apalagu situasi geografi dari tahun ke tahun atau masa ke masa berubah. Sehingga guru musti rajin mengupdate.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge