0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gerhana Matahari, Ribuan Kacamata Disediakan di Semarang

Masjid agung Jawa Tengah (simas.kemenag.go.id)

Timlo.net – Ribuan kacamata disediakan untuk masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana matahari dari kota Semarang. Selain kacamata, sebanyak 3 teleskop juga dipasang di area Masjid Agung Jawa Tengah.

“Ketiga teleskop itu adalah teleskop Altazimut I Ptron, Teleskop Equatorial Xorion dan Teleskop Altazimut Vixen. Untuk kacamatanya ada sebanyak kurang lebih 5 ribu kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari total,” ujar Wakil Ketua Yayasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Agus Fathuddin Yusuf, Selasa (8/3).

Untuk itu, Agus meminta bagi masyarakat yang menginginkan kacamata tersebut bisa menghubungi Sekretariat MAJT di Jalan Gajah Raya, Semarang.

“Seluruh kegiatan pengamatan GMT akan dipusatkan di Halaman Plaza MAJT atau di bawah payung elektrik. Shalat Kusufus Syamsi atau shalat gerhana matahari juga kami selenggarakan di pelataran masjid, tidak di dalam,” terangnya.

Seluruh kegiatan, lanjut Agus, akan dimulai pukul 06.30 WIB. Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko bersama para pejabat Muspida, juga Walikota Semarang Hendrar Prihadi akan bergabung dengan umat Islam menunaikan salat sunah tersebut.

Bahkan ratusan ulama se-Jateng yang tengah mengikuti Musyawarah Daerah (Musda) MUI Jawa Tengah, juga mengikuti shalat serta pengamatan gerhana di MAJT.

“Kami sudah mendapat kepastian dari Ketua Umum MUI Jateng Kiai Ahmad Darodji bahwa para kiai dan alim ulama akan ikut salat dan mengamati gerhana di Masjid Agung,” ungkapnya.

Selain itu akan juga terlibat selain para pengurus MAJT juga dihadiri beberapa mahasiswa dari program studi (prodi) Ilmu Falak UIN Kota Semarang dan Dekan Fakultas Syariah UIN Walisongo Semarang Dr H Akhmad Arif Junaidi Mag, dan Dr H Ahmad Izzudin Mag.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge