0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Cara Sederhana Saksikan Gerhana Matahari

dok.timlo.net/gg
Kacamata gerhana matahari (dok.timlo.net/gg)

Solo — Masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung fenomena gerhana matahari total (GMT), Rabu (9/3) pagi, tak perlu khawatir. Ada cara sederhana yang bisa dipakai untuk menyaksikan momentum saat matahari dan bulan berada dalam satu garis lurus tersebut.

“Caranya cukup sederhana, dengan menggunakan negatif film atau yang biasa disebut masyarakat sebagai klise,” kata Ketua Umum  DPP Asosiasi Maestro Astronomi dan Ilmu Falak Indonesia Merdeka (Astrofisika), AR Sugeng Riyadi, Selasa (8/3).

Negatif film, kata Sugeng, berfungsi untuk menyaring sinar matahari supaya tidak tertangkap langsung oleh retina mata. Pasalnya, jika retina mata terlalu lama menangkap sinar matahari akan berakibat pada kebutaan.

“Kalau di Solo, gerhana matahari sekitar 80 persen. Sehingga, masih terdapat sinar matahari yang keluar. Untuk menyaring, maka digunakan negatif film tersebut,” terangnya.

Meski begitu, lanjut Sugeng, tak mudah mendapatkan negatif film jaman sekarang. Mengingat, saat ini teknologi fotografi sudah menggunakan sistem digital. Namun, jika memiliki dapat dimanfaatkan untuk menyaksikan momentum yang terakhir terjadi pada 32 tahun silam atau tepatnya pada tahun 1984.

“Jangan khawatir negatif film jadi rusak. Tidak akan terjadi apa-apa. Gambar dalam negatif film juga nggak akan berpengaruh,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge