0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mau Saksikan Gerhana Matahari dengan Teleskop? Datangi Lokasi Ini

dok.timlo.net/red
Santri Klub Astronomi Assalam sosialisasikan GMT di Halaman Ponpes Assalam (dok.timlo.net/red)

Solo —  Menyambut fenomena gerhana matahari total (GMT) di Kota Solo, Rabu (9/3) pagi, sebanyak 16 teleskop telah disiapkan. Teleskop mulai dipasang di tiga titik untuk menyaksikan fenomena bulan dan matahari yang terletak dalam satu garis lurus.

“Masyarakat yang ingin menyaksikan, dapat menuju ke Halaman Masjid Agung Solo, Fakultas Kedokteran UMS dan Kawasan Pondok Assalam,” terang Ketua Umum DPP Asosiasi Maestro Astronomi dan Ilmu Falak Indonesia Merdeka(Astrofisika), AR Sugeng Riyadi, Selasa (8/3).

Pihaknya, kata Sugeng, akan memaksimalkan sebanyak Sembilan teleskop yang kini ada di observatorium Assalaam untuk melihat pergerakan bumi, matahari dan bulan. Sembilan teropong yang mereka miliki tersebut, memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Yang terbaru adalah Teleskop jenis Cassegraina yang berasal dari hibah Astrofotografi Indonesia. Keunikan teleskop tersebut adalah dapat secara otomatis mengikuti pergerakan matahari tanpa harus diarahkan.

“Harganya masih Rp 130 jutaan,” kata Sugeng.

Teleskop lain yang dimiliki CASA selain Cassegraina antara lain GoTo Vixen, William Optict, Skywatcher serta teleskop National Geograpich. Seluruhnya berfungsi dengan baik dan siap beroperasai saat momen gerhana matahari besok. Selain CASA, ada tujuh teleskop lain yang sementara ini dipastikan akan digunakan yaitu dua teleskop milik Universitas Muhammadiyah Surakarta(UMS), dua lainnya adalah milik Solo Astro Club (SAC) dan SMA Negeri 4 Solo. Dua teleskop milik UMS akan disiapkan di Fakultas Kedokteran sedangkan dua teleskop lainnya disiapkan di halaman Masjid Agung Surakarta.

Data lokasi penempatan teleskop.

Instansi                        Jumlah              Jenis            Penempatan                     

Solo Astro Club (SAC)         1                     Reflector         Halaman Masjid Agung

SMAN 4                                 1                     Refractor         Halaman Masjid Agung

UMS                                       2                     Refractor         Fakultas Kedokteran UMS

PPMI Assalaam                     2                    Reflector         Observatorium Assalaam

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge