0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Di Solo, Ibu Negara Canangkan PIN Polio

dok.timlo.net/daryono
Menko PMK Puan Maharani teteskan vaksin polio kepada Balita (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dicanangkan secara resmi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Taman Cerdas Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (8/3) pagi. Pencanangan dilakukan dengan pemukulan gong serta pemberian tetes vaksin oleh Ibu Iriana kepada sejumlah Balita.

Selain Ibu Negara, hadir dalam pencanangan itu Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek. Tampak juga istri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Siti Atiqoh, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo beserta istri Endang Rudyatmo.

“Kami harapkan cakupan PIN Polion ini bisa 95 persen,” kata Menkes Nila Djuwita F Moeloek dalam sambutannya.

Nila melanjutkan, secara nasional, PIN Polio menyasar 23.721.004 anak usia 0-59 bulan. Adapun vaksin yang akan digunakan yaitu vaksin polio tetes (Trivalent Oral Polio Vaccine) produksi lokal PT Biofarma. Saat ini vaksin tersebut sudah dikirimkan sampai ke Puskesmas.

“Total provinsi dan kab/kota yang akan melaksanakan PIN Polio adalah 33 provinsi dan 509 kab/ kota, dengan total Pos PIN tahun ini sekitar 300.000 pos,” terang dia.

Nila berharap melalui PIN Polio dan cakupan imunisasi polio rutin yang tinggi dan merata tahun ini, Indonesia dapat mempertahankan status Bebas Polio dan berkontribusi dalam mewujudkan Dunia Bebas Polio Tahun 2020.

“Dengan demikian, kita benar-benar mewujudkan generasi muda bangsa Indonesia yang sehat, bebas dari cacat tubuh akibat polio, berkualitas, produktif dan berdaya saing,” ungkap dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge