0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tawur Agung, Ribuan Umat Hindu Padati Candi Prambanan

dok.timlo.net/aditya wijaya
Perayaan Tawur Agung di Candi Prambanan (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Ribuan umat Hindu sudah memenuhi lapangan Wisnu Mandala, pelataran kompleks Candi Prambanan, Klaten, Selasa (8/3) pagi. Mereka hendak melaksanakan perayaan Tawur Agung Sasih Kesanga, ritual sehari menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1938/2016 Masehi.

“Prosesi Tawur Agung dibuka dengan arak-arakan tirta (air) dari Candi Boko. Nanti tirta suci akan ditaruh di tempat pemujaan pandita,” kata Wakil Panitia Perayaan Nyepi 2016, Suparman, Selasa (8/3).

Dari pantauan Timlo.net, sekitar pukul 08.11 WIB, arak-arakan yang membawa tirta suci dari sumber mata air yang tersebar di Soloraya ini tiba di pelataran Candi Prambanan. Suara lonceng, dan sejumlah kesenian daerah, serta sebuah gunungan berisi buah-buahan mengiringi tirta suci yang diambil saat acara Melasti beberapa waktu lalu itu.

“Untuk ogoh-ogoh hanya ada satu. Setelah itu dilanjutkan membaca kidung suci secara massal,” ujar Suparman.

Ditambahkan, hari ini, Presiden Joko Widodo dipastikan tidak hadir seperti tahun sebelumnya. Karena kesibukan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Jakarta, Jokowi bakal digantikan Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin. Hadir juga Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

“Kalau pak Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah datang sejak kemarin sore. Selain itu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X juga dipastikan hadir,” tambah Suparman.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge