0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SBC ke-9, Usung Tema Mustika Jawa Dwipa

istimewa
Pagelaran SBC dengan tema Mustika Jawa Dwipa (istimewa)

Solo – Rangkaian even Solo Batik Carnival (SBC) yang ke-9 sudah digelar sejak Minggu (7/3). Mengusung tema Mustika Jawa Dwipa, SBC bertujuan untuk memperkenalkan batik sebagai ikon budaya tradisional Indonesia.

“Rangkaian kegiatan sudah mulai kita lakukan kemarin, dengan menggelar workshop. Selanjutnya untuk registrasi ulang peserta akan kita lakukan di sekretariat SBC, Kantor Disbudpar, Kecamatan dan Kelurahan,” ujar salah satu instruktur SBC, Yanuar dalam rilisnya yang dikirim kepada Timlo.net, Senin (7/3).

Dirinya mengatakan, sengaja mengambil tema Mustika Jawa Dwipa karena terinspirasi oleh keindahan dari bentuk keris. Terlebih dalam pandangan masyarakat Jawa, keris merupakan salah satu pusaka yang identik dengan budaya.

“Untuk sub tema keris pada desain kostum karnaval menggunakan warna dasar kuning dan batik. Sedangkan latarnya berwarna hitam,” jelasnya

Sementara itu, untuk sub tema lainya adalah gamelan, lampu dan candi. Sengaja memilih sub tema tersebut karena mimiliki filosofi yang tinggi. Dan sangat pas jika dikolaborasikan dalam kostum SBC.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara SBC, Ian Prasetyo menambahkan, untuk menumbuhkan kreativitas serta keperluan kompetisi, peserta tidak diperkenankan membeli kostum kepada pihak lain.

“Setiap peserta wajib menampilkan hasil kreasinya sendiri berdasarkan arahan yang diberikan oleh instruktur,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge