0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SSA Diterapkan, Hati-Hati Melintas di Persimpangan Ini

timlo.net/achmad khalik
Jalan Radjiman tepatnya di Pertigaan Pasar Jongke yang nantinya akan dibuat searah menuju ke arah barat (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Penerapan Sistem Satu Arah (SSA) diprediksi akan menambahi beban jalan yang lain. Tak menutup kemungkinan kawasan Jalan Samanhudi, Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Kebangkitan Nasional akan bertambah padat lantaran laju kendaraan dari arah barat menuju ke timur.

“Efek penutupan Jalan Rajiman memang berdampak pada Jalan Samanhudi, Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Kebangkitan Nasional,” terang Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Sudrajat, Senin (7/3).

Secara otomatis, kata Herman, kawasan persimpangan yang terletak di jalan tersebut menjadi perhatian utama untuk mengantisipasi hal tak diinginkan. Tercatat ada lima persimpangan terdampak penerapan SSA, yakni simpang empat Lumbung Batik, simpang tiga Purwosari, simpang empat Tugu Kebangkitan Nasional, simpang empat Baron dan simpang empat Pasar Kabangan.

“Rencananya, untuk awal penerapan SSA akan kami tempatkan personel khusus untuk mengantisipasi hal tak diinginkan,” kata Herman.

Disinggung pemasangan traffic light disejumlah persimpangan tersebut, Herman mengaku, memang tak menutup kemungkinan. Namun, pihaknya tak ingin terburu-buru lantaran pemasangan traffic light dinilai sebagai langkah akhir untuk mengatasi bahaya di persimpangan.

“Akan kami kaji terlebih dahulu, jika dilakukan pemasangan traffic light,” jelasnya.

Seperti diberitakan, Dishubkominfo Kota Solo berencana memberlakukan SSA mulai tanggal 17 Maret mendatang. Penerapan SSA dinilai cukup efektif untuk memecah kemacetan yang terjadi di Jalan Rajiman. Mengingat, kawasan tersebut dinilai sangat berbahaya lantaran makin padatnya kendaraan sekaligus bercampurnya kendaraan muatan barang yang melintas dikawasan tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge