0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

MUI Ajak Umat Islam Dirikan Salat Gerhana

timlo.net/aditya wijaya
Ketua MUI Klaten Hartoyo (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Klaten mengajak umat Islam dan pengurus masjid melaksanakan salat gerhana saat terjadi gerhana matahari, Rabu (9/3) pagi. Hal itu sebagai tindak lanjut imbauan salat gerhana sesuai surat edaran (SE) Kementerian Agama (Kemenag) yang diterbitkan beberapa waktu lalu.

“Pelaksanaannya serentak, dianjurkan untuk salat gerhana di masjid. Kalau di Klaten akan dilaksanakan di Masjid Raya,” ujar Ketua MUI Klaten Hartoyo, Senin (7/3).

Dikatakan, gerhana adalah tanda kekuasaan Tuhan seperti fenomena alam lainnya. Maka umat Islam dihimbau melaksanakan salat gerhana. Selain itu juga dihimbau memperbanyak ibadah seperti berdzikir, berdoa, istigfar, dan melakukan amal saleh.

Diagendakan, salat gerhana di Masjid Raya Klaten dimulai pukul 06.30 WIB. Salat gerhana terdiri dari dua rakaat dan dilaksanakan saat waktu gerhana tengah terjadi. Sedangkan wilayah Klaten hanya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian.

”Hukumnya sunnah muakad, sunnah yang dianjurkan. Selain di Masjid Raya, warga dapat menggelar salat gerhana di masjid masing-masing. Setelah salat mendengarkan khotbah, jadi kegiatan bisa sampai pukul 09.00 WIB,” jelasnya saat dihubungi wartawan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge