0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebijakan Kantong Plastik Belum Maksimal

timlo.net/setyo pujis
Kasi Pengawasan Disperindag Kota Solo, Sri Hening Widyastuti (kanan) saat melakukan sidak di pasar (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kebijakan plastik berbayar yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi limbah plastik dinilai belum maksimal. Pasalnya, masih ditemukan beberapa ritel yang menggratiskan kantong plastik kepada konsumen.

“Dari Pantauan yang kita lakukan kemarin, masih ada beberapa ritel modern yang masih menggratiskan kantong plastik kepada konsumen,” ujar Kasi Pengawasan Disperindag Kota Solo, Sri Hening Widyastuti kepada wartawan, Senin (7/3).

Kendati demikian, dirinya belum melakukan penindakan terkait pelanggaran tersebut. Hal itu karena kebijakan plastik berbayar dianggap masih tahap sosialisasi dan baru himbauan.

“Kita memang belum bisa melakukan penindakan, karena terbentur dengan regulasi. Terlebih saat ini masih tahap sosialisasi hingga 5 Juni mendatang,” jelasnya.

Menyikapi temuan tersebut, pihaknya sudah melakukan himbauan kepada sejumlah ritel yang ditemukan melanggar. Harapannya peredaran kantong plastik bisa berkurang, seperti amanat kebijakan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge