0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Toko Modern Bodong Menjamur, Bupati : Tindak Tegas!

Toko modern berjejaring di seberang Kompleks perkantoran Pemkab Klaten yang tidak terpampang papan nama dan belum berijin (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Bupati Klaten mengancam akan menyegel toko modern berjejaring bodong alias tidak mengantongi ijin. Pasalnya, ada puluhan toko modern berjejaring di Kabupaten Klaten yang sama sekali belum mengurus ijin tapi sudah beroperasi.

“Saya sudah memerintahkan Satpol PP untuk menindaklajuti Alfamart dan Indomaret yang tidak punya ijin agar segera membuat ijin. Sehingga semuanya bisa enak,” ujar Bupati Klaten Sri Hartini, Senin (7/3).

Ditemui di sela-sela sidang paripurna di Gedung DPRD Klaten, kata dia, Pemkab Klaten tidak akan mempersulit toko modern yang hendak mencari ijin operasional. Namun demikian, sebelum mengantongi ijin lebih jangan beroperasional dan sesuai Perda nomor 12 tahun 2011 yang mengatur tentang jarak dan jam operasional toko berjejaring.

“Kalau yang enggak mempunyai ijin, segeralah mencari. Tentu kita beri toleransi. Tapi kalau melebihi batas waktu, ya kita tindak tegas,” tandas Sri Hartini.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop dan UMKM Klaten, Sartiyasto mengaku, sudah berkali-kali memberikan ultimatum terhadap toko modern berjejaring bodong. Disisi lain, tahun ini pihaknya sudah memberikan dua hingga tiga rekomendasi untuk toko modern berjejaring yang telah memenuhi syarat sesuai Perda nomor 12 tahun 2011.

“Kita sudah melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap manajemen toko berkali-kali, tapi enggak didengar. Ini harus ada ketegasan. Jangan setengah-setengah, kalau mau ditertibkan ya ditertibkan semua,” tegas Sartiyasto.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge