0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Umat Hindu Gelar Upacara Mendak Tirta di Umbul Ngabean

(dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Menjelang perayaan Nyepi, ratusan umat Hindu di Boyolali menggelar upacara Mendak Tirta atau pengambilan air suci, di Umbul Ngabean, Komplek Obyek Wisata Pengging, Banyudono, Minggu (6/3) sore. Air suci ini nantinya akan dibawa ke Candi Prambanan untuk dijadikan satu dengan air suci dari berbagai daerah.

Sebelum menggelar pengambilan air suci di Umbul Ngabean, diawali dengan kirab oleh ratusan umat Hindu dari Pura Suci Saraswati, Desa Ngaru-Aru, Banyudono, dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer. Kirab dilakukan dibawah guyuran hujan. Dalam kirab tersebut terdapat dua gunungan besar yang diberi nama gunungan lanang dan wadon, berisi sesajian, seperti jajan pasar dan dupa.

Sesampai di Umbul Ngabean, umat Hindu kemudian melakukan persembahyangan di pinggir umbul. Baru kemudian dilakukan upacara Mendak Tirta yang juga dilakukan upacara Mecaru, bertujuan agar umat Hindu dijauhkan dari hal-hal negatif selama pelaksanaan Catur Brata Penyepian.

“Upacara Mendak Tirta ini kita lakukan menjelang perayaan Nyepi, bertujuan untuk menyucikan diri umat dan alam semesta,” ungkap Ketua PHDI Banyudono, Tukiman.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge