0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Batal Hadiri Tawur Agung di Candi Prambanan

dok.timlo.net/epri
Perayaan Tawur Agung di Candi Prambanan tahun silam (dok.timlo.net/epri)

Klaten — Presiden Joko Widodo (Jokowi) diperkirakan batal menghadiri perayaan Tawur Agung Sasih Kesanga di kompleks pelataran Candi Prambanan, Selasa (8/3) besok. Hal itu menyusul terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Jakarta pada 6-7 Maret 2016.

“Info terbaru satu jam yang lalu, Pak Presiden Jokowi tidak jadi hadir. Tapi akan diwakilkan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin,” kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Klaten IGG Hendrata Wisnu MMR, Senin (7/3).

Namun demikian, kata dia, harapan kedatangan Presiden Jokowi dalam ritual sehari menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1938/2016 Masehi itu masih terbuka. Pasalnya Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah datang. Selain itu, Jokowi memiliki kebiasaan mendatangi suatu kegiatan di luar prediksi protokoler.

“Kemungkinan harapan datang masih ada. Kita tunggu sampai jam 12 malam. Tapi entah Pak Jokowi datang atau tidak, kita tetap akan siap. Sebab nanti 15 ribu umat Hindu se-Soloraya dan Jawa Tengah akan datang,” kata Wisnu yang juga Ketua Panitia Rangkaian Kegiatan Nyepi 2016.

Sementara itu, Kepala Divisi Administrasi dan Keuangan Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Wiharjanto menerangkan, selama perayaan Tawur Agung Sasih Kesanga, wisatawan masih diperbolehkan masuk. Tiket kunjungan wisatawan pun masih dijual dengan harga normal.

“Candi Prambanan masih buka seperti biasa, dari pukul 06.00 WIB –  17.15 WIB. Untuk umat Hindhu akan melewati pintu khusus di sebelah barat pintu parkir. Sedangkan lokasi perayaan di Lapangan Wisnu Mandala,” terangnya saat dihubungi wartawan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge