0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Cara Super Hero Sambut Gerhana Matahari Total

dok.timlo.net/putra kurniawan
Superman sambut gerhana matahari di Jalan Ir Soekarno Solo Baru dengan memakai kaca mata khusus (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Solo Baru —  Sejumlah elemen masyarakat berkostum super hero menggelar aksi simpatik menyambut datangnya Gerhana Matahari Total (GMT). Mereka melakukan doa bersama dan membagikan selebaran berisi tentang tata cara salat gerhana matahari pada Rabu (9/3).

“Aksi kita untuk mensosialisasikan kepada masyarakat lainnya pada hari Rabu mendatang akan terjadi gerhana matahari total, kita sosialisaikan bagaimana cara melihatnya dengan aman dan juga sebagai umat Islam untuk menggelar shalat gerhana matahari,” kata kordinator acara, Agus Widanarko, di Solo Baru, Senin (7/3).

Aksi kali ini cukup unik, dengan menampilkan sejumlah tokoh super hero, mulai dari Gatotkaca, Batman, Superman dan penyihir. Mereka sengaja mengenakan kotum super hero untuk menarik perhatian warga masyarakat dalam upaya sosialisasi untuk mengnyaksikan moment langka yang aman.

Hal ini dilakukan karena jika dengan mata telanjang melihat gerhana matahari dalam waktu yang cukup lama, dapat membahayakan retina mata. Sehingga, dalam kesempatan ini, juga disarankan masyarakat untuk mengenakan kaca mata khusus atau dengan menggunakan teleskop yang sudah ditambah filter ultraviolet oleh tim Klub Astonomi Assalam.

“Kita sediakan kaca mata khusus utnuk menyaksikan fenomena kebesaran Allah ini di Observatorium yang fasilitasnya sudah santa lengkap, atau bisa dilihat langsung tapi jangan lama-lama beberapa detik saja bisa berulang,” tandas Pengasuh Klub Astronomi Assalam, AR Sugeng Riyadi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge