0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BUMDes Jadi Penyaluran Dana Desa

dok.timlo.net/red
ilustrasi (dok.timlo.net/red)

Karanganyar — Rencana pembentukan  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan bisa menjadi agen bank yang memperlancara kegiatan perekonomian di desa. Selain itu juga bisa menjadi tempat penyaluran dana desa yang bakal diterima desa tiap tahunnya.

“Segera saja direalisasikan, banyak keuntungannya bagi desa dan masyarakat,” kata Koordinator Kades se-Karanganyar, Haryanta, Sabtu (5/3).

Haryanta mengatakan, para kades berharap jika bisa dilaksanakan dan setiap desa punya BUMDes, maka lembaga itu akan bisa menjadi sarana penyaluran dana desa yang akan diterima.

“Kalau 50 % dana desa untuk infrastruktur, dan selama ini tersendat karena penyalurannya yang harus tiga kali, maka nanti dana bisa bisa lebih cepat diterima karena disalurkan ke rekening desa, dan ditempatkan di BUMDes. Jadi dana desa bisa diterima lebih cepat,” kata dia.

Hal senada dikemukakan Kepala OJK Surakarta Riyoga Laksito . Menurutnya, sangat mungkin BUMDes dijadikan wadah penyaluran dana desa. Tentu semua tergantung dari keputusan pemerintah pusat. Namun hal itu akan memudahkan karena dana desa langsung menjadi modal desa dalam bentuk BUMDes.

“Tetapi yang harus dilakukan adalah pengawasan ketat, dan juga memilih orang yang benar-benar kapabel dalam mengelola BUMDes, mengerti soal transaksi perbankan, sehingga tidak salah kelola. Ini perlu kehati-hatian,” kata dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge