0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Cara Aman Lihat Gerhana Matahari Total

dok.timlo.net/agung widodo
Siswa SD Aisyiyah Unggulan Gemolong mendapat penjelasan soal gerhana matahari total (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Gerhana matahari total (GMT) yang diprediksi akan berlangsung pada Rabu (9/3) mendatang menarik perhatian anak-anak sekolah. Termasuk juga para siswa yang tengah belajar di salah satu Sekolah Dasar (SD) Aisyiyah Unggulan Gemolong, Sragen.

Para siswa dikenalkan proses terjadinya gerhana matahari total yang termasuk fenomena langka. Mereka disarankan untuk tidak melihat secara langsung saat terjadi gerhana.

”Jika orang melihat secara langsung maka sangat berbahaya bagi mata,” terang guru pelajaran IPA SD Aisyiyah Unggulan Gemolong, Siti Atika Alima kepada siswa, akhir pekan lalu.

Para siswa pun penasaran. Mereka ingin mengetahui bagaimana cara agar dapat menyaksikan gerhana matahari secara aman. Selain itu mereka juga tertarik tentang proses bagaimana fenomena alam itu terjadi.

Siti Atika memberi pengarahan agar para siswa bisa melihat proses gerhana matahari dengan zona aman. Dia memberikan petunjuk cara unik dan tidak mengeluarkan biaya untuk menyaksikan gerhana matahari. Yakni cukup menggunakan media air dituangkan ke dalam ember atau tempat air lainya. Dengan demikian siswanya akan bisa menonton langsung di mana letak titik matahari berada.

”Cara ini agar para siswa tidak melihat secara langsung saat terjadinya gerhana matahari, soalnya sinar ultra violet yang memancar dari  gerhana matahari bisa membahayakan bahkan bisa merusak mata,” jelasnya.

Selain memberi penjelasan tentang gerhana matahari total, SD Aisyiyah Unggulan Gemolong juga bakal mengadakan sholat gerhana matahari yang akan diikuti oleh seluruh guru, siswa dan karyawan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge