0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

5 Obyek Wisata Wonogiri Ini Beraura Magis Tinggi

Sendang Siwani, Selogiri, Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Selain memiliki keindahan alam yang menarik, ke lima tempat obyek wisata alam di Wonogiri ini juga merupakan jagad spiritual dengan daya magis tinggi. Banyak sudah mereka yang membuktikan kekuatan lokasi ini. Kebanyakan mereka melakoni sejumlah ritual untuk mendapatkan berkah dari Sang Pencipta.

Kelima obyek wisata tersebut adalah Sendang Siwani yang terletak di Kecamatan Selogiri, Alas Donoloyo di Kecamatan Slogohimo, Bumi Kahyangan, Kecamatan Tirtomoyo, Umbul Naga, Kecamatan Manyaran dan Pantai Sembukan di Kecamatan Paranggupito. Keunikan dan cerita maupun mitos kelima tempat ini turun temurun mewarnai dan membentuk sebuah kepercayaan khususnya masyarakat Jawa yang masih kental dengan nuansa mistis.

Dari semua lokasi ini memiliki kekhasan tersendiri. Seperti Alas Donoloyo, hutan jati yang memiliki benang merah dengan Keraton Kasunan Surakarta ini diyakini dapat mendatangakan tuah atau berkah. Di sebuah tonggak jati yang diameternya cukup besar,kerap dilakukan ritual,nampak pula sesajian dibawah tonggak kayu jati lainnya.

Cerita masyarakat lainnya yang tetap terjaga ada pada Bumi Kahyangan, Tirtomoyo. Tempat ini diyakini merupakan petilasan Pangeran Sambernyowo, bahkan erat dengan cerita Ratu Laut Selatan. Ada beberapa sudut lokasi, semisal Selo Payung, Batu Gilang dan air terjun yang sering dijadikan lokasi ritual. Panorama alam Kahyangan yang masih perawan menambah aroma mistis yang tersimpan di dalam Bumi Kahyangan ini sangat kuat.

Tak kalah menariknya lagi, cerita masyarakat tentang Umbul Naga di Kecamatan Manyaran. Uumbul atau sumber mata air ini,ratusan silam diyakini mempunyai daya linuwih. Air umbul ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Masih erat kaitannya dengan dunia mistis, Pantai Sembukan juga menyimpan segudang misteri. Masyarakat sekitar dan banyak pula pakar spiritual menyebut sebagai pintu gerbang ke-13 Keraton Segara Kidul. Konon pantai ini merupakan jalan Pangeran Sambernyowo berjumpa dengan Ratu Segara Kidul. Banyak para pelaku spiritual melakukan semedi atau tapa diatas bukit yang menjorok ke laut.

Selanjutnya Sendang Siwani yang menyimpan sejarah Raden Mas Said, dimasa perjuangannya melawan penjajah kolonial Belanda. “Para peziarah selain melakukan sejumlah ritual doa, lebih afdolnya lagi jika mandi besar di sendang ini,” tutur juru kunci Sendang Siwani, Ki Demang Supardi, Minggu (6/3).

Tak hanya warga Wonogiri saja yang datang ke Sendang Siwani, Supardi menyebut banyak tamu yang datang dari luar Wonogiri, semisal Solo, Yogya dan kota-kota besar lainnya. Dia mengaku menjadi juru kunci Sendang Siwani ini lantaran meneruskan wasiat orang tuanya, dimana ayah kandung Supardi dulunya merupakan juru kunci Sendang Siwani.

“Banyak pejabat, sinden, pengusaha dan masyarakat datang ke sini untuk ngalap berkah,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge