0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

10 KK Diberangkatkan Transmigrasi ke Kalimantan

Boyolali — Sebanyak 10 kepala keluarga (KK) dari berbagai kecamatan di Boyolali, bakal diberangkatkan transmigrasi dengan tujuan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Mereka diikutkan transmigrasi dengan pola sharing, dimana seluruh biaya ditanggung APBD, APBD Provinsi dan APBN.

“Untuk pola sharing ini lahan yang diberikan hanya satu hektar, tapi SDM-nya sudah kita latih dulu,” kata Kabid Transmigrasi, Dinsosnakertrans Boyolali, Supana, Minggu (6/3).

Selain itu, mereka nantinya juga bakal dibekali alat-alat pertanian. Sedangkan di tempat tujuan, sebuah rumah dengan fasilitas air bersih sudah disiapkan, sehingga tinggal ditempati. Selama 5 tahun, 10 KK ini akan didampingi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dalam mengolah lahan.

“Nantinya mereka akan diajari bertani dengan cara modern,” tambahya.

Dijelaskan, Kabupaten Balungan, merupakan daerah yang ditargetkan menjadi kabupaten penyangga pangan di Pulau Kalimantan dan nasional melalui program Food Estate. Sehingga, khusus untuk Jawa Tengah, Gubernur Jateng juga mengirimkan pendampingan dari kalangan akademik dalam rangka menciptakan percepatan swasembada pangan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge